Berita

Kerjasama Antara Kejaksaan Negeri Bantul Dengan Desa

Senin Wage, 14 Mei 2018 09:28 WIB 1077

foto
Peserta Rakor Tindak Lanjut Kerjasama Antara Kejari Bantul Dengan Desa

Terdapat 42 Desa di Kabupaten Bantul yang telah menandatangani perjanjian kerjasama antara Kejaksaan Negeri Bantul dengan Pemerintah Desa. Kerjasama ini di fasilitasi oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul maupun Bagian Administrasi Pembagunan Setda Kabupaten Bantul, demikian dikemukakan oleh Hermawan Setiaji, SIP, MH Inspektur Kabupaten Bantul pada acara Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Kerjasama Kejari Bantul dengan Pemerintah Desa di Aula Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Rabu (9/5).

Masih disampaikan oleh Hermawan Setiaji, SIP, MH bahwa Rakor tindak lanjut ini dimaksudkan untuk menawarkan kerjasama kepada 33 Desa yang belum melaksanakan kerjasama. Kerjasama ini bukan paksaan, jika dirasa Desa sudah baik dalam pengelolaan keuangan Desa, maka diserahkan kepada Desa memerlukan kerjasama atau tidak. “ Kondisi penelolaan keuangan Desa di Kabupaten Bantul sampai saat ini masih banyak yang belum sesuai dengan kaidah – kaidah pengelolaan keuangan Desa,” imbuhnya. Pengelolaan keuangan Desa diatur dalam Peraturan Bupati Bantul Nomor 88 Tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa.

Sementara itu Hartana, SH Kasi Datun Kejari Bantul menjelaskan bahwa kedudukan antara Kejaksaan Negeri Bantul dengan Pemerintah Desa adalah setara, maka pendampingan bersifat kerjasama. Kejari siap utnuk diajak berdialog atau diminta sumbangan pemikiran terhadap permasalahan keuangan Desa sehingga dapat dihasilkan solusi terbaik. Setelah penjelasan tersebut, sebanyak 26 Desa saat itu juga mengajukan kerjasama dengan Kejari Bantul sehingga masih ada 7 Desa yang belum memberikan keterangan.