Berita

Studi Banding Inspektorat Provinsi Jawa Timur

Kamis Pahing, 4 Oktober 2018 11:52 WIB 655

foto

Rabu (03/10) Inspektorat Provinsi Jawa Timur melaksanakan kunjungan ke Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul dalam rangka studi banding pelaksanaan pemeriksaan. Peserta studi banding 5 orang yang terdiri dari 3 orang auditor madya, 1 orang auditor muda dan 1 orang auditor pertama. Kunjungan diterima langsung oleh Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MH, di Ruang Kerja Inspektur serta didampingi oleh sekretaris dan auditor madya.

Adapun materi studi banding antara lain mengenai pelaksanaan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) berbasis risiko, pelaksanaan pengawasan, Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Auditor (PAK JFA), peningkatan kompetensi SDM, komitmen dan konsistensi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap Inspektorat dalam hal pelaksanaan pemeriksaan, level kapabilitas APIP.

Hermawan Setiaji, SIP, MH menyampaikan bahwa OPD di Lingkungan Pemkab Bantul selama ini sudah baik dalam hal komitmen dan konsistensi, apabila diundang untuk rapat yang hadir kepala OPD (tidak mewakilkan) sehingga informasi yang disampaikan dapat langsung diterima oleh pengambil kebijakan untuk segera ditindaklanjuti. OPD juga dapat bekerjasama dengan baik dalam hal pemeriksaan, misalnya memenuhi permintaan dokumen-dokumen yang diperlukan sehingga memudahkan ketugasan auditor.