Berita

Evaluasi Manajemen Risiko

Selasa Pahing, 9 Oktober 2018 10:25 WIB 643

foto
Peserta Pendampingan Evaluasi Manajemen Risiko

Senin (08/10) Cinta Adriani dari BPKP Perwakilan DIY melaksanakan pendampingan Evaluasi Manajemen Risiko Perangkat Daerah di Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul. Pendampingan yang dijadwalkan 5 hari dari tanggal 08 – 12 Oktober 2018 ini untuk mengevaluasi 3 OPD yaitu Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT).

Pendampingan ini dilakukan mengingat evaluasi manajemen risiko OPD belum pernah dilaksanakan  evaluasi dalam bentuk Rencana Tindak Pengendalian (RTP) OPD. Pada hari pertama pendampingan disampaikan bahwa ada 3 tahap yang menjadi pedoman bagi evaluator yaitu skala kemungkinan/skala dampak, pembuatan berita acara, penyusunan laporan. Tiga tahap tersebut akan dilaksanakan pada masa pemeriksaan yang diharapkan selesai pada tanggal 16 Oktober 2018.

Evaluasi manajemen risiko dimaksudkan agar program/kegiatan setiap OPD dapat  diketahui yang paling berisiko dan kurang berisiko. Data ini diharapkan dapat menjadi tolok ukur untuk mengantisipasi kemungkinan risiko yang sudah diperkirakan akan terjadi.