Berita

Evaluasi Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)

Kamis Pahing, 8 November 2018 09:53 WIB 119

foto
Inspektur Hermawan Setiaji, SIP, MH menyampaikan materi Rakor

Rabu (7/11) bertempat di Aula, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Rakor Internal Rutin Minggu I setiap bulan. Rakor dipimpin oleh Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MH, diikuti oleh seluruh APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul.

Hermawan Setiaji, SIP, MH pada Rakor kali menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Hasil evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Triwulan III Tahun 2018 mendapat peringkat I dengan nilai 91,89 atau kategori AA. Khusus terkait dengan perencanaan, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul masih berada dibawah nilai rata-rata seluruh OPD, diharapkan Sutanta, S.Sos (sekretaris) dapat mencari titik lemahnya di mana.
  2. Hasil sementara Evaluasi Kapabilitas APIP yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan DIY menempatkan nilai kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul masih di kisaran 3 dengan catatan. Ada beberapa rekomendasi yang perlu segera ditindaklanjuti terkait proses consulting, proses penyusunan Program Kerja Audit (PKA), Kertas Kerja Audit (KKA), dan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT).
  3. Minggu II atau Minggu III bulan November 2018 akan direalisasikan kerjasama antara Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul dengan Inspektorat Kabupaten Banyuwangi dalam hal pelaksanaan e-audit. Wujud pelaksanaan kerjasama ini adalah Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul akan mengadopsi sistem aplikasi e-audit dari dengan Inspektorat Kabupaten Banyuwangi.