Berita

Koordinasi Pengawasan Inspektorat Kabupaten Jepara

Selasa Pon, 12 Februari 2019 14:03 WIB 42

foto
Sutanta, Sos memberikan sambutan dan ucapan selamat datang

Dalam rangka koordinasi pengawasan terkait kelembagaan dan Reviu Renstra Jumat (8/2) Inspektorat Kabupaten Jepara bersama dengan (Komisi A DPRD Kabupaten Jepara berkunjung ke Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang.

Kunjungan dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Jepara Drs. Junarso didampingi Ptl Sekretaris Inspektorat Kabupaten Jepara  Drs. Kusdiyanto, HS, MM dan diterima oleh Sektertaris Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul bersama Kasubbag Umum dan Kepegawaian serta beberapa orang auditor. Sekretaris Sutanta, S.Sos menyampaikan bahwa Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul baru akan melaksanakan reviu Renstra pada tahun 2019 ini, jadi pada tahun – tahun sebelumnya belum pernah mereviu Renstra.

Masih disampaikan oleh Sutanta, S.Sos, salah satu Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) tahun 2019 Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul adalah pendampingan penyusunan peta risiko Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Langkah awalnya yaitu pendampingan oleh BPKP Perwakilan DIY terhadap 10 OPD yang diundang oleh Inspektorat pada tanggal 6 dan 7 Februari 2019. Peta risiko dan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) OPD dikumpulkan tanggal 15 Februari 2019 dan evaluasi manajemen risiko oleh Inspektorat. Hasil evaluasi manajemen risiko dijadikan dasar perencanaan pengawasan berbasis risiko oleh Inspektorat..

Ketua DPRD Kabupaten Jepara Drs. Junarso menyampaikan saat ini yang menjadi poin penting dibidang pengawasan adalah pembinaan dan pengawasan Desa terkait Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD). Banyak kesalahan pengelolaan Dana Desa disebabkan oleh kekurangtahuan Pamong Desa dalam hal pengelolaan administrasi DD/ADD. Sedangkan Drs. Kusdiyanto, HS, MM mengungkapkan kondisi Inspektorat Kabupaten Jepara hampir sama dengan Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul dengan jumlah SDM 8 auditor, 11 P2UPD. Jepara mempunyai 16 Kecamatan dan 184 Desa, kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Jepara di Level 3 dengan catatan pada elemen 1 dan elemen 2.