Berita

Jaksa Mitra Desa (JMD)

Rabu Kliwon, 6 Maret 2019 14:35 WIB 208

foto
Hartana, SH berkoordinasi dengan Lurah Desa untuk melaksanakan studi banding

Rabu (06/03) bertempat di Aula, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Koordinasi dan Evaluasi pelaksanaan Jaksa Mitra Desa (JMD). Koordinasi dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Sutanta, S.Sos, dihadiri dari unsur Kejaksaan Negeri Bantul (Kasi Datun) Hartana, SH serta 17 orang Lurah Desa yang menjadi binaan Jaksa Mitra Desa.

“ Pendampingan oleh Kejari kepada Desa melalui Jaksa Mitra Desa maupun dalam bentuk lain, dirasa sangat bermanfaat, ” jelas Sutanta, S.Sos. Kerjasama ini perlu dilanjutkan untuk mendekatkan antara pihak Desa dengan Kejaksaan sehingga ketika ada permasalahan, Desa dapat meminta pendampingan dalam penyelesaian masalah tersebut.

Kasi Datun Kejari Bantul Hartana, SH menyampaikan bahwa untuk mengetahui lebih lanjut terkait kegiatan pendampingan yang dilaksanakan di Kabupaten Bantul kepada Pemerintah Desa, perlu dilakukan semacam studi banding keluar daerah untuk mengetahui praktik – praktik dan inovasi yang telah dilakukan oleh Desa.

Pada kesempatan kali ini juga langsung dilaksanakan koordinasi oleh Desa dan Kejari dan dicapai kesepakatan untuk melaksanakan studi banding ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Studi banding direncanakan pelaksanaannya besok tanggal 20 atau 21 Maret 2019 dengan peserta 17 orang Lurah yang menjadi binaan Jaksa Mira Desa, untuk lebih detailnya akan dilakukan kooordinasi lebih lanjut dengan pihak Pemerintah Desa.