Berita

Sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara

Selasa Wage, 9 April 2019 14:46 WIB 198

foto
Paparan materi oleh Agus Sriyana, SH

Senin (08/04) diselenggarakan acara Sosialisasi Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), bertempat di Aula Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul dengan peserta Sekretaris Badan/Dinas/DPRD/Kecamatan, Kepala Kantor, Wakil Direktur RSUD, Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Kasubbag di Lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul.

Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji,SIP, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada Tahun 2016 sudah ada yang mengisi LHKASN yaitu ASN di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), namun pada Tahun 2017 dan Tahun 2018 hanya ada beberapa ASN saja yang mengisi LHKASN. Pemerintah Kabupaten Bantul menerima Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 54 Tahun 2019 tentang Laporan Kinerja Instansi Pemerintah dan LHKASN sehingga Bupati Bantul mengeluarkan instruksi Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Kewajiban Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara.

Inspektur Pembantu Bidang Perekonomian Agus Sriyana, SH dalam pemaparan materi menyampaikan beberapa hal :

  1. LHKASN adalah Dokumen penyampaian daftar harta kekayaan ASN yang dimiliki dan dikuasai sebagai bentuk transparansi aparatur sipil negara
  2. Semua ASN wajib mengisi LHKASN sesuai Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 1 Tahun 2015 kecuali yang sudah mengisi LKHPN.
  3. Perbedaan antara LHKPN dengan LHKASN : pada LHKPN wajib melampirkan bukti kepemilikan harta sedangkan pada LHKASN tidak melampirkan.
  4. Latar belakang dari LHKASN :
  • Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme
  • Pencegahan Penyalahgunaan Wewenang
  • Bentuk Transparansi Aparat Sipil Negara
  • Penguatan Integritas Aparatur
  1. Pengisian LHKASN melalui aplikasi siharka.menpan.go.id