Berita

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Kejaksaan Negeri Bantul dengan Pemerintah Kabupaten Bantul dan Desa Se-Kabupaten Bantul

Jumat Legi, 26 April 2019 13:12 WIB 171

foto
Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menandatangani Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Bantul dengan Kejari Bantul

Rabu (24/04) Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Kejaksaan Negeri Bantul serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Desa se-Kabupaten Bantul dengan Kejaksaan Negeri Bantul tentang Pemberian Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, dan Tindakan Hukum lain dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta Pelaksanaan Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (P4D) di Gedung Mandhala Saba (Gedung Induk Lantai III) Komplek Parasamya Bantul.

Acara dihadiri oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono sekaligus memberikan sambutan, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, MM, Asisten Pemerintahan Kabupaten Bantul Dra. Sri Ediastuti, M.Sc, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bantul Bambang Guritno, SH, Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MH, Kepala (Badan, Dinas, Kantor) se-Kabupaten Bantul, Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Camat se-Kabupaten Bantul serta Lurah Desa se-Kabupaten Bantul.

Drs. H. Suharsono dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah(TP4D) bagi Pemerintah Kabupaten Bantul sangat penting, terbukti atas peran dan kontribusinya berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan, Kabupaten Bantul berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “ Kami merasa senng dan menyambut baik dengan diadakannya penandatanganan kembali Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Kejaksaan Negeri Bantul, ” ungkap Drs. H. Suharsono. Kerjasama ini adalah proses awal untuk memberikan jaminan hukum bidang perdata dan tata usaha negara agar lebih baik kedepan dan untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Kejaksaan Negeri Bantul yang pada gilirannya akan menjadi sinergi, demi terwujudnya kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bantul.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Bantul Zuhandi, SH, MH mengemukakan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan. . “ Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Kejaksaan merupakan upaya untuk mewujudkan Tata Kelola Keuangan Negara yang baik dan akuntabel, ” jelas Zuhandi, SH, MH. Sedangkan kerjasama antara Desa dengan Kejaksaan merupakan tindakan preventif (pencegahan) agar tidak terjadi penyimpangan dalam Alokasi Dana Desa.