Berita

Paparan Hasil Pengawasan dan Pembukaan Tindaklanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2019

Kamis Pahing, 11 Juli 2019 13:33 WIB 72

foto
Drs. Helmi Jamharis, M.M. memberikan sambutan pengarahan

Rabu (10/07) Bertempat di Aula, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Paparan Hasil Pengawasan dan Pembukaan Tindaklanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2019. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M. yang sekaligus berkenan membuka acara dan memberikan sambutan pengarahan. Peserta Paparan Hasil Pengawasan sebanyak 50 orang dari Badan, Dinas, Kantor, 2 Kecamatan, dan 2 Desa di wilayah Kabupaten Bantul.

Drs. Helmi Jamharis, M.M dalam sambutannya menyampaikan mengenai komitmen Pemerintah Pusat terhadap Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota. “Untuk memperkuat fungsi pengawasan internal, Bapak Presiden RI berkomitmen Bahwa Inspektorat Kementerian/lembaga, Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mencapai LEVEL 3 pada Tahun 2019, “ jelas Helmi Jamharis. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Bantul sangat mendukung Program Pemerintah Pusat tersebut agar pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bantul berjalan sesuai ketentuan, dapat mencapai visi misi Kabupaten Bantul yang Sehat Cerdas dan Sejahtera secara efektif dan efisien, dengan program-program yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Bantul.

Sementara itu, Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MH dalam pemaparan hasil pengawasan Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2018 menyampaikan beberapa hal yaitu komitmen Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Tahun 2018 dan Tahun 2019, Gambaran Sumberdaya dan Suberdana, Gambaran Obyek Pemeriksaan, Jenis Pengawasan, Dasar Pengawasan Inspektorat Tahun 2018, Realisasi Pengawasan Tahun 2018, Pemeriksaan Berkala/Kinerja Tahun 2018, Pemeriksaan Kasus Tahun 2018, Penyelesaian Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat 2018, Pencegahan Korupsi Terintegrasi, Sosialisasi Saberpungli Dan Penyuluhan Hukum, Evaluasi AKIP/LKJ OPD Tahun 2018, Hasil Pemeriksaan BPK RI Atas LKPD TA 2018, Hasil Pemeriksaan BPK RI Atas Pengelolaan Dana Pendidikan, Penyelesaian Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK.

Selain itu Inspektorat DaerahKabupaten Bantul juga menghadirkan narasumber dari Inspektorat DIY Bernardinus Norowisnu, S.Kom., M.Hum. Adapun materi yang disampaikan oleh Norowisnu diantaranya adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara, PP Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Permendagri Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Fungsi Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah terhadap Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan. Sedangkan tentang APIP Norowisnu menjelaskan upaya-upaya APIP dalam mengurangi potensi penyimpangan dengan melakukan 5 hal :

  1. membangun sistem pengendalian yang efektif ,
  2. memperbaiki lingkungan pengendalian ,
  3. membangun sistem manajemen resiko yang handal dan pengendaliannya,
  4. membangun sistem informasi dan komunikasi yang efektif,
  5. dan membangun sistem pemantauan berkala

Mengenai Catatan percepatan Tindak Lanjut , untuk OPD sebaiknya mencantumkan/ mengutip dasar Tindak Lanjut, sedapat mungkin memiliki dokumentasi digitalnya (discan), Untuk Tindak Lanjut dimana pejabat yg direkomendasi sudah tdk menjabat (bila itu menyangkut jabatan, ditindaklanjuri oleh pejabat pengganti, bila rekomendasi menyebut nama, tetap nama yang bersangkutan). Tindak Lanjut untuk SOTK yang berubah (apabila benar-benar bubar, tidak ada tusi di lembaga lain yang menggantikan, disebutkan dasarnya shg dapat dikategorikan rekomendasi yang tidak dapat di Tindaklanjuti, apabila tugas pokok fungsinya masih ada tapi bergabung ke bagian lain dengan SOTK maka tetap ditindaklanjuti).