Berita

Rapat Koordinasi Internal Minggu Pertama

Senin Pahing, 5 Agustus 2019 14:54 WIB 68

foto
Hermawan Setiaji, SIP, MH memimpin Rakor Internal

Senin (05/08) bertempat di Aula, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Rapat Koordinasi Internal Minggu Pertama Bulan Agustus 2019. Rapat dipimpin oleh Inspektur Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji, SIP, MH, didampingi oleh Plt Sekretaris Agus Sriyana, SH dengan peserta seluruh APIP Inspektorat.

Hermawan Setiaji menyampaikan bahwa Inspektorat kedepan akan membangun aplikasi yang memungkinkan dapat melihat kegiatan fisik di Kabupaten Bantul yang dapat diupdate dan diharapakan dapat menjadi dorongan untuk kegiatan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Terkait dengan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD), Inspektorat DIY menyampaikan akan diadakan penilaian pada minggu ke-2 Agustus 2019. Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul akan dinilai oleh Inspektorat Kota Yogyakarta, sedangkan Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul akan menilai Inspektorat Kulonprogo. Materi penilaian terdiri dari 2 macam yaitu reviu audit kinerja dan yang satunya lagi bebas (diserahkan pada tim penilai). Inspektorat diminta mengirimkan data tim penilai yang terdiri dari 1 orang ketua, 1 orang pengendali teknis (dalnis), dan 3 orang anggota.

Sedangkan Agus Sriyana, SH menjelaskan bahwa untuk perencanaan audit harus ada sistem dan prosedurnya (Sisdur) dan Inspektorat sudah mempunyai. Sisdur yang akan segera disusun adalah Sisdur Pemantauan karena Inspektorat belum menyusun. Ada hal lainnya yang perlu ditindaklanjuti yaitu tentang aplikasi pengaduan masyarakat karena merupakan salah satu indikator yang harus ada di Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Inspektorat perlu mempunyai aplikasi sendiri yang dapat diakses internal maupun eksternal.