Berita

Penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Kapabilitas APIP Level 3 dari Kepala Perwakilan BPKP DIY ke Bupati Bantul

Kamis Wage, 9 Januari 2020 09:02 WIB 82

foto
Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Kapabilitas APIP level 3 oleh Kepala Perwakilan BPKP DIY

Rabu (08/01) bertempat di Ruang Kerja Bupati Bantul, Kepala Perwakilan BPKP D.I.Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana didampingi Korwas Bidang P3A Sunarto melakukan koordinasi pengawasan dan menyerahkan laporan hasil evaluasi kapabilitas APIP level 3 kepada Bupati Bantul Drs. H. Suharsono. Dalam kesempatan ini Bupati didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M, Asisten III Bidang Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten I Dra. Sri Ediastuti,M.Sc Bidang Pemerintahan, Inspektur Hermawan Setiaji, SIP, MH, Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Ari Purwaningsih, SE, MSi dan Kasubbag Umum.dan Kepegawaian Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Nur Zubaidah, SH, MSi.

Kepala Perwakilan BPKP DIY menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Bupati Bantul dan seluruh jajarannya lebih khusus lagi kepada Inspektorat atas komitmen dan kerjasamanya sehingga saat ini bisa mencapai Kapabilitas APIP level 3. Kapabilitas APIP level 3 dapat diartikan bahwa bahwa APIP telah mampu memberikan assurance bahwa program dan kegiatan pemerintah daerah telah efektif, efisien, dan sesuai serta taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Slamet Tulus Wahyana juga menyampaikan bahwa dikaitkan dengan PP 72 tahun 2019. Fungsi APIP (Inspektorat) lebih kepada Assurance / penjamin mutu. Untuk menjalankan fungsi tersebut dituntut adanya SDM APIP yang professional dan kompeten.

Bupati Bantul juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPKP DIY atas bimbingan dan pendampingan yang selama ini diberikan kepada Pemda Bantul. Berbagai upaya telah dilakukan untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan di Pemda Bantul, salah satunya dengan penguatan APIP (Inspektorat). Untuk peningkatan kualitas SDM APIP Bupati Bantul memberikan alokasi anggaran khusus untuk pelaksanaan Diklat SDM APIP.