Berita

Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Bantul

Senin Pahing, 20 Juli 2020 14:32 WIB 191

foto
Pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Ari Purwaningsih, SE, M.Si dan diserahkan kepada Irban Perekonomian Ir. R.Bambang Pin Erwanto, MM

Senin (21/07) bertempat di halaman,  seluruh ASN Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul mengikuti Peringatan Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Bantul secara online. Tema hari jadi tahun ini adalah “Semangat Makaryo Mbangun Deso Sumber Energi Memasuki Era Tatanan Kehidupan Baru”

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam laporannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Bantul sudah menghimpun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 pada bulan April 2020, menyiapkan puskesmas dan rumah sakit lapangan Covid-19, melaksanakan refocusing anggaran untuk menjaga masyarakat tetap sehat termasuk menjaga ketahanan pangan serta berkerjasama dengan TNI POLRI ketika menyiapkan dapur umum supaya kebutuhan pangan masyarakat tetap tercukupi.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bantul bersama warga masyarakat sudah mengadakan sarasehan dan berhasil membuat ketetapan/keputusan Bupati :

  1. Warga masyarakat diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dalam beraktivitas untuk upaya membetengi penyebaran Covid-19.
  2. Memujudkan masyarakat Bantul yang unggul, berbasis teknologi informasi.
  3. Untuk meningkatkan kegiatan ekonomi serta pemberdayaan masyarakat dengan cara mengoptimalkan potensi lokal untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.
  4. Menggiatkan perilaku hidup bersih, sehat serta menjaga kebersihan lingkungan.
  5. Menggiatkan kewaspadaan warga serta ketertiban keamanan lingkungan.
  6. Upaya penguatan mitigasi bencana alam dan non alam melalui Desa Tangguh Bencana.
  7. Penguatan gotong royong untuk sumber energi gerakan warga masyarakat menghadapi tatanan kehidupan baru.

Sementara itu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya manyampaikan bahwa perjuangan Pangeran Diponegoro adalah jihad melawan penjajah. Perjuangan di masa sekarang ini adalah melawan kemiskinan ditengah pandemi Covid-19 yang kita tidak mengetahui sampai kapan berakhirnya. Kita harus berdamai dengan keadaan seperti sekarang ini dengan tetap waspada.

Usai sambutan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan diserahkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Bantul Hanung Raharjo, ST dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris di OPD masing-masing. Untuk Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Ari Purwaningsih, SE, M.Si dan diserahkan kepada Inspektur Pembantu Bidang Perekonomian Ir. R. Bambang Pin Nugroho, MM.