Berita

Inspektorat Daerah dan Kejaksanaan Negeri Bantul melakukan pengawalan penggunaan dana desa di Lingkungan Kecamatan Bantul

Rabu Legi, 29 Juli 2020 22:28 WIB 203

foto

BANTUL - Tim Pendamping Pemerintah Daerah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, Kejaksanaan Negeri Bantul melakukan pengawalan penggunaan dana desa yang di selenggarakan di Kecamatan Bantul pada tanggal 29 Juli 2020. Dalam kesempatan ini dihadiri perwakilan aparatur dari seluruh desa di lingkungan Kecamatan Bantul.

Kasi Perdata dan TUN dalam hal ini Bapak Kunto mengatakan, pihaknya serius mengawal penggunaan dana desa. Dengan demikian, penggunaan dana desa bisa tepat sasaran dan terhindar dari penyelewengan. "Kami hadir disini sebagai motivasi dan mitra bapak ibu dalam  pelaksanaan penyaluran bantuan sosial COVID-19 di Kabupaten Bantul, silahkan konsultasi apabila terdapat kendala dalam pelaksanaannya," katanya dalam rapat koordinasi Saber Pungli di Aula Kecamatan Bantul , Rabu (29/7).

Kejaksaan Negeri Bantul  akan bekerja sama dan mempunyai kewajiban mendampingi berjalannya pemerintahan termasuk dalam mengawasi penyaluran bantuan sosial COVID-19. Setiap tahapan penyaluran bantuan sosial ini, baik untuk kegiatan fisik maupun nonfisik akan diawasi. Pihaknya berharap tidak ada penyelewengan baik dari sisi administrasi maupun adanya kesengajaan penyalahgunaan.

Anggota Kejaksaan Negeri Bantul, Ibu Yeni menyampaikan bahwa di era digitalisasi ini diharapkan dalam pelaksanaan program dan kegiatan dari tahapan perencanaan sampai dengan pelaksanaan diharapkan adanya dokumentasi secara runtut yang nantinya sebagai bentuk antisipasi maupun pendukung apabila terjadi permasalahan yang akan datang.

Dalam penutupan acara, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Inspektur Pembantu Bidang Investigasi, Bapak Ir. Imam Subardiarsa, M.M menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan penyaluran bantuan sosial COVID-19 ini diharapkan dilaksanakan menurut aturan baik juklak maupun juknis yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.