Berita

Pendampingan dan Evaluasi Penggunaan Anggaran untuk Penanganan COVID-19 pada seluruh Desa di wilayah Kecamatan Bambanglipuro

Selasa Pahing, 4 Agustus 2020 12:39 WIB 309

foto

BANTUL - Inspektorat yang juga Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten dan Kejaksaan Negeri Bantul melakukan pendampingan dan evaluasi terhadap penggunaan anggaran penanggulangan COVID-19. Pelaksanaan pendampingan dan evaluasi pada hari ini, Selasa (04/8) dilakukan di Aula Kecamatan Bambanglipuro yang dihadiri oleh Seluruh Aparatur Desa di wilayah Kecamatan Bambanglipuro. Dalam acara ini dipimpin oleh Camat Bambanglipuro, Bapak Lukas.

Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Kabupaten Bantul, Bapak Ir. Imam Subardiarsa, M.M. mengatakan, “Dalam kesempatan ini kami tidak bermaksud untuk melakukan pemeriksaan akan tetapi disini kami akan mengevaluasi penggunaan dana COVID-19 yang nantinya akan diperiksa oleh BPK dan/atau Lembaga Negara lainnya. Apabila ada kendala silahkan untuk konsultasi kepada Inspektorat Daerah” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejari Bantul, Bapak Muhandes mengatakan, “Ini merupakan kali pertama saya berbicara di Kabupaten Bantul, intinya kami hadir disini cenderung untuk melakukan pencegahan dalam hal ini penggunaan dana desa untuk COVID-19. Pastikan siapa saja yang menerima, sesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya, diharapkan data penerima menjadi tepat sasaran sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jangan sampai data penerima diisi dengan kerabat-kerabat aparatur yang ada di desa tersebut. Kami mengharapkan dana desa COVID-19 tersebut tidak dipergunakan untuk kepentingan kelompok dan pribadi karena hal tersebut masuk dalam tindak pidana korupsi. Intinya penggunaan dana desa COVID-19 dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Apabila terdapat indikasi penyimpangan silahkan melaporkan kepada kami” jelasnya.