Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Kalurahan Bangunharjo Sewon Bantul

Kamis (15/12), telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Kalurahan Bangunharjo.


Acara diikuti oleh Lurah beserta Pamong Kalurahan, Bamuskal, perwakilan dari Dukuh, perwakilan RT dan Karang Taruna.


Hadir selaku narasumber, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bantul  Agus Salim dan Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bantul Jumakir. Sambutan pengarahan oleh Priyo Harwijayanto, S.Si, M.Si Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan dan Aparatur Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, Hartini, SIP, MM selaku Panewu  Kapanewon Sewon, dan Nur Hidayat  selaku Lurah Kalurahan Bangunharjo.


Nur Hidayat mengapresiasi adanya kegiatan Monev ini dan mohon arahan serta bimbingan kepada Inspektorat maupun Komisi A DPRD Kabupaten Bantul dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kalurahan Bangunharjo.

Hartini, SIP, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa keterbukaan, kekompakan, dan kebersamaan adalah kunci sukses. Dalam acara monev ini diharapkan dapat didiskusikan tentang kebijakan-kebijakan maupun evaluasi kinerja.

Priyo Harwijayanto, S.Si, M.Si  memberikan sambutan dan menyampaikan Peraturan Gubernur DIY Nomor 34 Tahun 2017 dan Peraturan Gubernur DIY Nomor 92 Tahun 2019 tentang Tanah Kas Desa. Selain itu juga  Peraturan Bupati Bantul Nomor 60 Tahun 2022 tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Kalurahan.

Agus Salim dan Jumakir menyampaikan saat ini Komisi A DPRD Kabupaten Bantul sedang menyusun peraturan daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan peraturan daerah tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Kalurahan diharapkan mengetahui Perda apa saja yang dibahas di DPRD agar setelah ditetapkan tidak ada yang merasa keberatan.

Kegiatan Monev kali ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antara Komisi A DPRD Kabupaten Bantul, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, dan masyarakat di lingkungan Kalurahan Bangunharjo dalam berkolaborasi untuk memajukan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan.