Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Kalurahan Temuwuh bersama Komisi A DPRD dan Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul

Kamis (22/09), telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan di Kalurahan Temuwuh.

Acara di ikuti oleh Lurah beserta Pamong Kalurahan, Bamuskal, perwakilan dari Dukuh Kalurahan Temuwuh, perwakilan RT dan TPK.

Hadir selaku narasumber, Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bantul Ibu Surotun, Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Bantul Bapak Jumakir, Ari Purwaningsih S.E., M.Si Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, Bapak Sriyadi selaku Kepala Jawatan Praja mewakili Panewu Kapanewon Dlingo, dan Bapak Suratno selaku Lurah Kalurahan Temuwuh.

Ari Purwaningsih S.E., M.Si selaku wakil dari Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul menghimbau agar Kalurahan untuk tertib dalam pengawasan dan pelaporan penggunaan keuangan desa. Ari Purwaningsih S.E., M.Si mengingatkan kembali kepada seluruh pamong di lingkungan Kalurahan Temuwuh untuk mempersiapkan pemeriksaan yang akan di lakukan oleh BPK dan BPKP terkait Danais dan Pengelolaan Sanitasi dan Air Bersih.

Wakil Ketua Komisi A Ibu Surotun dan Sekretaris Komisi A Bapak Jumakir menegaskan bahwa Inspektorat dan DPRD adalah mitra kerja yang bersama-sama melaksanakan peran pengawasan dan dapat memberikan bantuan konsultasi dan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan terkait keuangan desa sehingga tidak ada temuan yang tidak diinginkan di kemudian hari. Selain itu, saat ini Komisi A juga sedang menyusun Naskah Akademik Peraturan Daerah P4GN  tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, diharapkan untuk kedepannya Bantul dapat bersih dari Narkoba.

Kegiatan Monev kali ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antara Komisi A DPRD Kabupaten Bantul, Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul, dan masyarakat di lingkungan Kalurahan Temuwuh dalam berkolaborasi untuk memajukan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan.