Sosialisasi Saber Pungli di Kalurahan Panjangrejo Kapanewon Pundong


Pada hari Kamis, 19 Mei 2022 diadakan acara Sosialisasi Saber Pungli di Aula Panjangrejo, Pundong. Acara dibuka oleh pembawa acara, kemudian sambutan oleh Lurah Panjangrejo. Lurah Panjangrejo menyampaikan bahwasanya di Kalurahan Panjangrejo tidak ada praktik pungutan liar.
Selanjutnya materi disampaikan oleh Irban Investigasi Bapak Ir. Suryono, M.Si menyampaikan apa itu saber pungli. Pungutan ke masyarakat harus ada dasar hukumnya, paling tidak Peraturan Kalurahan.

Materi selanjutnya oleh Bapak Andri yang menyampaikan pengertian pungutan liar, dan dibentuklah satgas saber pungli untuk menekan praktik pungli. Beliau juga menyampaikan tugas dan wewenang satgas saber pungli, ancaman bagi pelaku pungli.

Materi selanjutnya disampaikan oleh AKP Antu Nugrahanto, SH selaku Kasat Binmas yang menyampaikan tugas satgas saber pungli, sebab adanya pungli yang dikarenakan salah satuny adanya prosedur pelayanan yang bertele-tele dan dampak dari  pungli yang salah satunya menghambat proses pelayanan publik. Area rawan pungli diantaranya di area pelayanan publik.

Materi selanjutnya dari Tenaga Ahli Bidang Pemerintahan Bapak Sunarso, SH., M.Si yang menyampaikan peran serta dari aparat Kalurahan sebagai ujung tombaknya pemerintah daerah agar pungutan liar tidak terjadi.

Sesi akhir adalah diskusi, penutup dan foto bersama.